Friday 12 December 2014

Macam-macam terapi musik

Ketika musik berkembang bukan lagi hanya sekedar menjadi hiburan melainkan sebuah obat penyembuh. Maka berbagai penelitian pun dilakukan tentang apa cara paling efektif untuk menjadikan musik sebagai obat. Akhirnya musik bukan menjadi sebuat obat namun media yang membantu menyembuhkan pasien.

Macam-macam terapi musik


Karena sifatnya sebagai media maka musik pun bisa pula dijadikan alat terapi kesehatan. Dalam pengetahuan yang sudah ada terapi musik sendiri ada dua jenis yakni aktif dan pasif. Terapi musik aktif artinya pasien dilibatkan dalam terapi seperti memainkan alat musik atau membuat lagu. Disini pasien dituntut untuk berhubungan langsung dengan musik.

Sedangkan terapi musik pasif adalah keadaan dimana seorang pasien posisinya hanya mendengarkan musik. Ia hanya disuguhi sebuah musik oleh terapist yang membuatnya merasa lebih tenang. Posisi pasien hanya perlu duduk dan merasa rileks hingga akhirnya musik yang mengambil alih pikiran.

Namun harus anda ingat bahwa terapi pasif harus didampingi orang yang ahli. Karena tidak semua jenis musik dapat diterapkan untuk pasien. Setiap pasien memiliki kebutuhan jenis musik yang berbeda-beda. Jadi membuat terapi sendiri dirumah adalah sebuah ide buruk, daripada anda repot-repot menyusun silabus terapi sendiri lebih baik anda belajar menjadi terapist disebuah terapi musik saja.

Tapi tentu saja ketika menjadi terapist anda pasti dituntut untuk bisa memainkan instrumen. Maklum ketika nanti menjadi terapist posisi anda sedikit banyak harus bisa mengajarkan cara bermain musik. Untuk permulaan beli drum yamaha, gitar atau keyboard saja yang memang menjadi instrumen paling disukai oleh orang-orang.

No comments:

Post a Comment