Monday 22 December 2014

Musik merubah gaya hidup lansia

Apa yang dilakukan manusia lanjut usia (lansia) untuk menghabiskan masa-masa tuanya? Biasanya dengan duduk didepan rumah menikmati secangkir teh sambil memandangi tanaman didepan rumah. Bagi orang-orang yang terbiasa aktif kegiatan ini akan terasa sangat membosankan dan hanya akan membuat depresi.
Musik merubah gaya hidup lansia

Karena itulah dibutuhkan kegiatan lain yang dapat membuat para lansia sedikit sibuk. Namun tentu saja kegiatan itu tidak bisa yang tergolong berat, seperti bermain basket atau sepakbola. Mungkin hanya sekedar berjalan-jalan mengitari kompleks atau mengikuti kelas menyulam. Sebenarnya ada satu hal yang kerap dilakukan para lansia.

Yakni melakukan aktifitas musik, seperti mendengarkan musik bernyanyi dan memainkan instrumen musik. Percayalah para lansia masih cukup kuat untuk hanya sekedar memetik gitar atau memainkan piano ala kadarnya. Tahukah anda bahwa musik dapat merubah gaya hidup para lansia? Mereka yang terbiasa hanya duduk dan menghabiskan waktu dengan diam.

Bisa merubah gaya hidupnya menjadi lebih menarik dengan memainkan instrumen musik. Kegiatan ini jika dilakukan secara berkelompok malah dapat mendatangkan manfaat yang lebih besar. Karena para lansia yang bersatu akan lebih mudah untuk membuat sebuah karya. Kendati karya tersebut mungkin bisa dibilang sangat buruk.

Namun hal itu bisa menjadi terapi yang efektif untuk membuat tubuh mereka lebih bugar. Jika anda memiliki orang tua yang tergolong sudah lansia, anda bisa membeli alat musik keyboard  dan memberikan gitar itu pada mereka. Tapi perlu diingat mungkin gitar itu hanya akan menjadi pajangan yang jika dimainkan hanya akan memekakkan telinga. Karena itulah lebih baik anda saja yang memainkan untuknya, dan ia hanya tinggal mendengarkan dengan perasaan rileks.

id.yamaha.com : http://id.yamaha.com/id/products/musical-instruments

No comments:

Post a Comment