Sunday 4 January 2015

Cara mudah menguasai piano

Piano adalah salah satu instrumen musik yang cukup spesial, mengapa? Karena instrumen ini kerap diidentikkan dengan kaum menangah atas, maklum harga instrumen ini memang tergolong fantastis. Sehingga hanya orang berduitlah yang kemungkinan mampu membelinya. Cara memainkannya pun kerap dianggap rumit.



Sehingga hanya orang-orang cerdas dan berkamauan keras lah yang mampu menguasainya. Padahal jika mau berusaha dan berlatih keras siapapun bisa memainkan instrumen ini. Nah bagi pemula yang masih ragu-ragu bermain piano, atau bahkan bingung harus memulainya darimana. Tipsnya mudah yakni anda harus mengetahui terlebih dahulu darimana asal kunci lagu anda terbentuk.

Misalnya sebuah chord yang terbentuk dari kombinasi nada ke-1, ke-3 dan ke-5, maka pertama kalo yang harus kita lihat adalah tangga nada dalam satu oktaf itu yang terdiri dari CDEFGABC. Jadi jika anda ingin memainkan kunci C, maka nada yang harus anda tekan adalah CEG atau nada ke-1, ke-3, ke-5, bisa ditekan secara bersamaan atau bergiliran. Ketika anda ingin bermain dikunci G, maka yang harus anda tekan adalah nada GBD.

Jika anda bisa menguasai teknik ini maka anda pasti bisa memainkan sebuah lagu. Prinsip untuk para pemula adalah jangan dulu melihat teori karena anda hanya akan pusing dibuatnya. Langsung saja lihat lagunya dan hafalkan makan lambat laun anda pun bisa menemukan teori dalam lagu tersebut. Kemudian juga anda harus belajar tentang teknik penjarian.

Bagaimana seharusnya jari tangan kanan dan kiri bermain. Anda bisa mempelajai ini dibanyak situs internet. Tahap selanjutnya adalah menyesuaikan jari kanan dan kiri untuk memalinakn chord dan melodi. Jika anda sudah bisa menguasai hal tersebut maka pelajaran selanjutnya yang lebih berat tidak akan terasa sulit. Beli piano terbaik dan awet dulu sebelum anda memutuskan untuk mempelajarinya.
id.yamaha.com : id.yamaha.com/id/products

No comments:

Post a Comment