Monday 26 January 2015

Hal-hal yang harus diperhatikan ketika bermain piano










Piano sering dianggap sebagai instrumen yang paling sulit dipelajari karena memang untuk bisa memainkan instrumen ini dengan baik dibutuhkan konsentrasi tinggi, sedangkan untuk bisa membuat aransemen menggunakan piano dibutuhkan juga kecerdasan yang tinggi. Karena itulah banyak yang menarik diri ketika akan berlatih piano.
Mereka adalah orang-orang yang mudah menyerah, sebaliknya adapula orang-orang yang pantang menyerah dan berusaha untuk berlatih sebaik mungkin. Sayangnya ada beberapa hal penting yang kerap dilupakan oleh para pemula tersebut. Sehingga banyak yang belum mahir namun sudah bergaya membeli piano yamaha.

Nah jika anda mengalami hal serupa, belum terlambat untuk memperbaikinya. Berikut hal hal yang harud diperhatikan ketika berlatih atau bermain piano:

a.Posisi Tangan
Gunakan bantalan untuk jari anda, biasakan tidak meratakan jari ketika sedang bermain. Hal ini dapay membuat rangat dan jari anda tegang, selain itu bermain dengan meratakan jari juga akan memperlambat pergantian nada. Lebih baik tempatkan posisi tangan anda sedikit melengkung

b.Postur yang tepat
Tulang belakang harus berbentuk S saat dengan bermain piano. Biasanya pemula selalu membungkuk ketika bermain pian hingga menyebabkan tulang belakang berbentuk C. Posisi ini akan membuat punggung dan leher anda sakit.
c.Cara duduk
ketahuilah bahwa duduk dikursi piano berbeda dengan duduk dikursi biasa, postur tubuh anda mempengaruhi bagaimana sistem pernapasan anda. Cara duduk dikursi piano dengan benar adalah lutut harus sedikit dibawa piano. Kaki anda harus stabil ditanah dan usahakan jangan mengeraskan bahu. Kendurkan bagu dengan sikut sedikit lebih tinggi dari tuts piano, lurus dan nyaman untuk tulang belakang. Posisi ini dapat menghindarkan anda dari sakit punggung dan leher.

No comments:

Post a Comment