Thursday 8 January 2015

Cross Stick

Ketika anda sudah menguasai teknik-teknik dasar bermain drum tentunya anda ingin bisa bermain ke tahap yang lebih tinggi yakni melakukan eksplorasi. Tapi kadang kita kerap merasa bingung akan melakukan eksplorasi apa mengingat sudah banyak eksplorasi yang dilakukan para drummer didunia ini.


Padahal sebenarnya kita bisa bereksperimen dengan drum yang ada didepan mata. Ekperimen bukan hanya tentang musik namun juga gaya bermain, bahkan gaya memegang stik. Hal itu sah-sah saja dilakukan untuk memperindah penampilan anda ketika melakukan pertunjukkan langsung, dan salah satu teknik unik yang biasa digunakan para drummer adalah cross stik.

Cross stick merupakan sebuah istilah yang mengaju pada teknik memainkan dtik drum dengan cara menyilang. Teknik biasa digunakan ketika memainkan musik yang pelan. Selain dimainkan untuk musik-musik pelan cross stik juga bisanya digunakan untuk memberi warna lain pada jenis musik yang anda mainkan.

Tekik ini biasnya dimainkan di tom-tom ketika fill ini namun juga kdang dimainkan dicymbal dengan cata menyilang. Teknik ini sendiri pertama kali dipopulerkan oleh drummer kenamaan dunia Dennis Chamber. Belajar teknik ini tidak begitu sulit, anda hanya perlu membiasakan tangan untuk memukul secara menyilang.

Awalnya mungkin akan terasa canggung, namun lambat laun juga akan terbiasa. Beli alat musik drum dan eksplorasikan tekhnik ini seindah mungkin. Saat melakukan pertunjukkan langsung perlihatkan kemampuan baru anda tersebut dan dapatkan penampilan yang memukau.


No comments:

Post a Comment