Monday 5 January 2015

Pentingnya scale dan mode dalam musik

Pada dasarnya scale dan mode adalah pondasi dasar ilmu musik yang muncul secara alami dan sudah menjadi fitrahnya. Namun beberapa orang ada yang berpendapat bahwa scale dan mode bukanlah bagian dari musik. Mereka menilai bermain musik adalah tentang permainan struktur yakni dengan pergerakan nada dari akord serta passing untuk bridgenya.

Bagi musisi yang berpandangan seperti itu scale dan model adaah perusak kaidah bermusik lantaran memiliki laju yang linear. Namun pandangan ini tidak sepenuhnya benar. Memang bagus kita bermain menggunakan banyak anda-nada formula untuk pergerakan lead agar permainan tidak flat, namun terkadang scale dan mode juga dibutuhkan.

Karena dua trik inlah yang menjadi pondasi pembentuk karakter, style maupun warna musik. Mayoritas permainan musik juga selalu dituntut oleh scale atau mode. Jika anda tidak ingin terjebak dipermainan yang flat lakukan saja kombinasi. Jika anda menginginkan permainan aman, normal, ekspresif namun membutuhkan eksplorasi tekhnik perbanyak scale dan mode.
Sebaliknya jika nda ingin terlihat cerdas dan statis, inovatis, berimprovsasi dan harmonik maka perbanyaklah metode struktural. Namun bermain strutural cukup sulit dilakukan karena ana harus selalu menyeseaikan dengan akord-akord latarnya setiap kali pindah akord. Apalagi jika dalam progresinya banyak akord-akord yang memiliki tensi, altered dll maka tantangan anda akan lebih banyak lagi.

Kombinasikan scale/mode dengan permainan struktural yang seimbang. Jangan sampai ada yang lebih banyak digunakan, semua harus seimbang. Berlatihlah dengan mengunakan instrumen, gitar misalanya. beli alat musik drum berkualitas agar latihan anda dapat menuai hasil maksimal.

No comments:

Post a Comment