Thursday 15 January 2015

Musik dan kehidupan

Musik sangat berperan penting dalam perkembangan intelegens anak, khususnya bagi alat musik musik klasik. Dijaman modern ini sudah banyak orang tua yang mengerti bagaimana musik dapat berperan dalam perkembangan otak, sosial bahkan kesehatan jiwa dan fisik anak. Tidak heran banyak anak-anak yang sudah mengikuti kursus musik sejak usia dini.


Musik adalah bahasa yang universal sehingga mudah dimengerti dan dipahami oleh siapapun. Karena sifat universal ini juga musik menjadi bagian benting dalam setiap kehidupan manusia. Tidak hanya itu musik juga ditengarai dapat meningkatkan kedisiplinan dan karakter seseorang, tentunya yang sudah digodok dengan musik sejak dini.

Menurut para peneliti ada empat manfaat musik bagi kehidupan, yang pertama adalah mempengaruhi perkembangan IQ (Intelegent Quention) namun ini hanya bisa didapat dari musik klasik. Manfaat kedua adalah memberi pengaruh positif bagi manusia yakni mendorong perkembangan sosial, kesehatan jiwa dan fisik anak-anak.

Anak-anak yang belajar musik sejak dini memiliki tingkat kedisiplinan lebih tinggi dibanding mereka yang tidak. Manfaat ketiga menurut Grace Sudargo seorang musisi sekaligus pakar pendidikan mengatakan musik klasik berasal dari ritme denyut jantung sehingga berperan besar dalam perkembangan otak, karaker dan raga manusia.

Manfaat yang terakhir adalah musik memiliki efek menentramkan, menenangkan dan menyembuhkan. Setelah mengetahui begitu banyak manfaat musik bagi kehidupan tentunya kini anda ingin mempelajarinya lebih jauh bukan? Awali dengan membeli piano instrumen dan memainkannya dengan baik. Anda akan menemukan banyak manfaat ketika bermain piano

No comments:

Post a Comment